5 Plugin WordPress Yang Berkaitan Dengan SEO

SEO Images

Ibarat toko, SEO adalah papan iklan dan penunjuk jalan menuju tempat toko itu berada. Tanpa ada keduanya, sulit bagi toko tersebut untuk terus bertahan dan bersaing dengan toko2 lain. Demikian pula halnya bagi webmaster. Tanpa tehnik SEO yg tepat, sulit untuk mendatangkan pengunjung ke situs mereka.

Sebagai salah satu CMS terbaik yg ada saat ini, WordPress (WP) memiliki sistem plugin yg memudahkan penggunanya untuk meningkatkan kemampuan dan mengkostumisasi blogging platform ini sesuka hatinya. Banyaknya pengguna dan developer juga mengakibatkan jumlah plugin WP yg ada saat ini terus bertambah dan bervariasi. Termasuk di antaranya yg berhubungan dengan SEO.

Nah berikut ini adalah plugin2 WP yg saya anggap penting dan wajib terpasang dalam kaitannya dengan SEO.

  • CA-TitleLink
    Plugin CA-Title berfungsi untuk menciptakan judul halaman sesuai dengan format yg kita inginkan. Masing2 jenis halaman (post, page, kategori, dll) dapat memiliki format yg berbeda2. Secara default, format sudah diatur sedemikian rupa supaya SEO-friendly. Plugin ini juga mendukung UTW dan dapat menampilkan tag2 UTW pada halaman Tag archive.
  • Head META DescriptionLink
    Plugin ini berguna untuk menciptakan meta keywords dan meta description untuk masing2 halaman WP secara otomatis berdasarkan content halaman tersebut.
  • Google SitemapsLink
    Plugin ini berguna untuk membuat file sitemap (sitemap.xml) yg nantinya bisa Anda submit ke Google Webmaster Tools dan mempermudah crawl Google untuk menjelajahi situs Anda. Versi terbarunya (untuk WP 2.1) mendukung pula pembuatan sitemap untuk Yahoo.
  • Ultimate Tag Warrior (UTW)Link
    Plugin ini berguna untuk menambahkan sistem tagging pada blog Anda. Selain menawarkan keleluasaan dalam pengkategorian artikel, sistem tagging juga memberikan kemudahan bagi crawler mesin pencari untuk menjelajahi blog Anda.
  • Related PostsLink
    Plugin ini berguna untuk menampilkan link ke artikel2 lain dalam blog Anda yg berhubungan dengan artikel yg tampil saat ini. Meskipun hanya berupa inbound link, tapi karena artikel2 yg di-link memiliki kesamaan topik, maka poin SEO-nya juga tidak boleh diremehkan. Sayangnya, plugin ini (dan plugin2 lain yg sejenis) belum dapat secara sempurna memilih artikel2 yg related, dimana terkadang masih ada artikel yg tidak berhubungan dimunculkan.

Ada yang mau menambahkan?

Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 16 February 2007. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah separuh atau seluruh bagian dari isi.