Sekarang Anda punya lebih banyak alasan untuk ‘ngeteh’ sebelum berangkat kerja atau pas kumpul keluarga di sore hari. Banyak ragam teh, ada yang teh hitam, oolong dan teh hijau. Dari berbagai jenis, teh hijau banyak disarankan untuk dikonsumsi karena manfaatnya berlipat.Tak hanya sebagai antioksidan kuat, memerangi penyakit jantung atau mencegah peradangan, namun teh hijau punya ‘seabrek’ manfaat lain yang sebaiknya tidak Anda abaikan. Apa saja? Yuk kitalihat.

1.Mengurangi risiko kanker
Kandungan polifenol, antioksidan kuat pada teh hijau, tampaknya mencegah sel kanker berkembang dalam tubuh. Berbagai studi menunjukkan bahwa orang yang teratur minum teh hijau berkurang risikonya terhadap penyakit kanker payudara, kanker perut, kanker kerongkongan, kanker kolon (usus besar) dan kanker prostat.
2. Menyejukkan kulit
Kulit Anda bermasalah, entah bengkak atau gatal? Cobalah rendam teh hijau, oleskan pada bagian kulit yang bermasalah. Teh hijau merupakan antiseptik alami yang meredakan peradangan dan gatal pada kulit. Anda bisa coba juga teh hijau untuk mengempiskan jerawat, kulit terbakar bahkan kelopak mata yang membengkak entah habis menangis atau kurang tidur. Celup teh hijau di air, ambil kantungnya dan tempelkan pada daerah yang dikehendaki. Pada uji lab, teh hijau mampu melindungi kulit dari bahaya sinar UV yang memicu munculnya kanker kulit, entah dengan cara meminumnya atau mengoleskannya langsung pada kulit dalam bentuk pelembab atau losion yang mengandung khasiat teh hijau.
3. Menstabilkan tekanan darah
Memiliki tekanan darah stabil, di bawah 120/80, adalah hal penting. Namun menjaganya di kisaran itu susah-susah gampang apalagi bagi Anda yang doyan makanan berlemak tinggi. Tapi orang yang mengonsumsi separuh cangkir teh hijau setiap hari sudah ‘menabung’ menghindarkan diri dari tekanan darah tinggi sebesar 50% dibanding mereka yang tak biasa minum teh hijau. Sekali lagi kandungan polifenol (yang sekarang dikenal sebagai ECGC) yang membuat tekanan darah stabil. Senyawa polifenol membantu menjaga pembuluh darah dari kontraksi yang berpotensi menaikkan tekanan darah.
4. Melindungi daya ingat
Teh hijau tampaknya juga menjaga otak tetap ‘tajam’ dari bahaya kepikunan. Orang dewasa yang minum teh hijau setidaknya dua cangkir sehari tampaknya tidak punya masalah kognitif serius dibanding mereka yang minum teh kurang dari jumlah tersebut. Kenapa? Sekali lagi karena antioksidan dosis tinggi yang terkandung dalam teh yang memerangi radikal bebas yang berpotensi merusak saraf otak seperti yang tampak pada penderita Alzheimer dan Parkinson.
5. Awet muda
Nah ini yang paling penting semakin muda dan sehat arteri Anda, maka dampaknya Anda juga makin terlihat lebih sehat dan lebih muda. Jadi perangilah plak yang tertimbun di pembuluh darah yang akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Tambahkan usia biologis dan energi dengan mengonsumsi teh hijau. Berapa banyak dosis yang harus dikonsumsi? Sekitar 10 ons teh hijau per hari yang akan menghalangi tubuh menyerap lemak yang menyumbat arteri dan kolesterol.