Seseorang mengajak anda menjadi anggota atau distributor sebuah perusahaan MLM, dan rupanya hati anda setengah tertarik tapi sekaligus set engah ragu-ragu. Anda bukanlah orang pertama yang mengalami hal ini, hampir semua orang ketika memasuki wilayah baru (tidak hanya MLM ) akan mengalami keraguan. Sesuatu yang akan anda temukan di dunia MLM.

Secara garis besarnya ada 3 manfaat besar menjadi distributor MLM yaitu :
1). Manfaat kepuasan produk, hal ini akan anda dapatkan setelah mengkonsumsi sebuah atau beberapa produk yang dipasarkan sebuah perusahaan MLM. Jika anda merasa produk sangat bermanfaat, cukup logis jika anda memutuskan menjadi distributornya. Ini terjadi dari perhitungan anda sendiri, dimana setelah anda hitung-hitung, ternyata lebih menguntungkan menjadi distributor, karena perbedaan harga produknya ternyata cukup besar (harga distributor vs harga konsumen). Maka anda putuskanlah diri menjadi distributor, walaupun berfungsi sebagai konsumen saja. Istilah yang diberikan untuk distributor seperti ini beragam, misal : distributor pasif, distributor konsumen.

2). Manfaat materil, jika anda memutuskan menjadi seorang distributor MLM dengan tujuan sejatinya yaitu mau menjalankan bisnisnya dengan aktivitas memasarkan produk dan mengembangkan jaringan bisnis, maka jika dijalankan dengan kesungguhan hati, bonus-bonus yang disediakan perusahaan MLM-nya pun akan menanti anda. Bonus ini bisa berupa uang tunai maupun non tunai (produk, kendaraan, rumah, wisata keluar negeri dll). Ini adalah hasil bagi anda dari aktifitas penjualan produk dan pengembangan jaringan bisnis.

3). Manfaat pengembangan diri (self improvement), banyak perusahaan dan leader MLM yang lupa mengangkat ini sebagai salah satu keuntungan menjadi distributor MLM, pengembangan diri ini muncul, karena di MLM distributornya akan diarahkan tidak malu-malu lagi, berkomunikasi baik, positive thinking, menghilangkan stereotip diri dari paragidma orang yang tidak bisa apa-apa untuk menjadi bisa melakukan banyak hal, belajar tehnik kepemimpinan (karena nanti anda akan menjadi pimpinan jaringan bisnis).

Perusahaan MLM yang baik akan mengarahkan distributor barunya untuk mempelajari starter kit (buku manual bisnis) perusahaannya, disini segala hal yang berkaitan dengan bisnis, produk, prosedur-prosedur, manfaat-manfaat yang relevan, akan anda temukan. Jika anda seseorang yang cepat mengerti mengenai marketing plan dan penjelasan produk maka hanya dengan mempelajari starter kit saja sebenarnya sudah cukup untuk mengerti bisnis MLM yang sedang anda jalankan, tentunya bimbingan upline akan memberi peran tersendiri.
Tapi bagaimana kalau upline ternyata masih dalam status belajar pula, maka belajarlah kepada leader atau pimpinan jaringan bisnis MLM anda, yaitu dari tingkat yang sudah bisa menerangkan dengan lebih baik, apabila leadernya sibuk maka perusahaan MLM yang baik akan selalu menyediakan pelatihan-pelatihan bisnis, ada perusahaan MLM yang memberikan pelatihan gratis ada pula yang meminta distributor melewati persyaratan penjualan produk atau pengembangan jaringan tingkat awal terlebih dahulu.

Pada zaman sekarang ini yang begitu membanjirnya perusahaan MLM baru sehingga seringkali kita di buat bingung untuk memilih perusahaan A atau perusahaan B, ini salah satu faktor yang pelik, jika anda berada pada posisi ini dan sudah memiliki kesadaran akan dasyatnya peluang penghasilan di bisnis MLM ini, kuncinya ialah pada pemahaman anda akan “Marketing Plan” dari masing-masing perusahaan, visi perusahaan, karakter lingkungan perusahaannya. Ada cerita tentang seseorang yang membalikkan semua cara pandang umum, dia tahu penghasilannya akan lebih besar pada perusahaan MLM A ketimbang perusahaan MLM B, walaupun visi dan karakter perusahaan B sangat bagus dan menyenangkan, maka dia lakukan pembalikkan. Justru dia ciptakan sendiri visi dan karakter pada korporat A yang dia mulai dari jaringan bisnisnya. Maka dengan pemikirannya yang sangat brilian itu, dia menjadi orang yang sangat diperhitungkan di perusahaan MLM A, bahkan direksinya pun belajar dari tokoh hebat ini. Akhir kata mungkin uraian diatas dapat menjadi acuan bagi kita semua yang bermain di dunia MLM, dalam memilih perusahaan mana yang lebih baik untuk kita dan tentunya untuk penghasilan kita.

SUKSES LUAR BIASA…..